Tips Memilih Souvenir Perusahaan Yang Tepat dan Cermat

Saat ini keberadaan souvenir tak bisa dianggap remeh. Posisinya mempunyai peranan penting. Manfaat dari pada souvenir ini bisa dijadikan sebagai alat promosi perusahaan dan juga sebagai tanda terima kasih kepada tamu yang sudah menyediakan waktu untuk menghadiri acara yang diselenggarakan itu. Biasanya ini akan selalu di nanti – nanti oleh semua yang datang kira – kira apa bingkisannya kali ini.

Memang tak gampang menemukan souvenir perusahaan yang tepat sesuai acara yang diinginkan. Yang pasti adalah siapa pun yang menerima bingkisan itu sebisa mungkin mendapatkan kesan yang mendalam. Sehingga memilih yang tak pasaran dan unik sangat perlu sekali. Jenisnya pun beragam sekali dan banyak pilihan bisa bikin bingung. Maka dari itu baca tips di bawah ini yuk agar tahu bagaimana cara memilihnya. Simak :

1. Pahami jenis perusahaannya

Perlu untuk mengetahui perusahaan anda sekarang ini bisnisnya masuk dalam kategori apa?? Karena ini sangat berkaitan sekali dengan jenis yang nantinya akan dipilih. Misalkan perusahaannya di bidang teknologi. Maka dengan ini bisa memilih souvenir flashdisk kartu sebagai pilihannya. Keduanya masih dalam keterkaitan yang sama. Sehingga sangat tepat sekali nantinya bila diberikan.

2. Apa kebutuhannya

Ini tak bisa dikesampingkan. Ketahui dulu apa saja kebutuhan pembuatan souvenir ini. Apa dibikin untuk kegiatan promosi atau untuk kegiatan suatu acara sebagai bagian dari bingkisan atau malahan hanya diberikan kepada karyawan saja. Dengan melihat ini maka akan sangat mudah sekali di dalam membuat sebuah desain souvenir sendiri. 

3. Fungsinya apa

Di dalam memilih souvenir pastikan juga memiliki nilai dan manfaat. Jangan sampai barang ini hanya numpang lewat saja dalam artian diterima orang namun hanya di geletakin saja karena tak memiliki kegunaan sama sekali. Maka dari itu pilih yang mempunyai nilai guna kedepannya. 

Kita ambil contoh souvenir powerbank. Siapa pun yang mendapatkan akan senang sekali. Sebagai salah satu barang elektronik yang selalu di bawa – bawa kemana pun berada yang dijadikan sebagai dewa penyelamat bila gadget baterainya habis dan tak bisa mencolokkan ke listrik pln.

4. Lama pengerjaan

Proses pengerjaan ini juga perlu sekali diperhatikan. Umumnya pengerjaannya ini akan memakan waktu 5 – 7 hari bila order dalam jumlah yang sedang dan bila banyak maka memerlukan waktu yang lebih lama. Namun sebagai vendor souvenir barang promosi yang memiliki jam terbang tinggi pastinya sudah memiliki jalan keluar kalau ada pemesanan jumlahnya sangat banyak.

5. Pilih vendor terpercaya

Pemilihan vendor jasa pembuatan souvenir ini tak bisa sembarangan. Jangan karena iming – iming harga yang murah saja. Hal yang perlu ditanyakan adalah sudah berapa banyak brand dikerjakan dan juga mengenai silsilah perusahaan tersebut. Jangan sampai seperti membeli kucing dalam karung bila salah maka akan berabe nantinya.

6. Desain menarik

Agar penerima tidak mudah lupa akan barang pemberian hal yang perlu dilakukan adalah membuat desain yang sangat – sangat menarik. Buatlah yang beda dari yang sudah ada. Bila bingung bagaimana mendesain yang bagus, biasanya vendor tersebut juga menyediakan jasa. Terkadang gratis namun ada juga yang kena cash. 

Kalau minta bantuan jasanya yang pastikan semua harus jelas terlebih dahulu mulai dari tujuannya apa, marketnya siapa, warna, mau yang simpel atau ribet. Setelah semua beres maka baru bisa dibuat desainnya.

7. Harga

Persoalan harga dari dulu jadi hal yang pelik. Banyak perusahaan mengeluarkan biaya dipas – paskan. Sehingga harus mencari yang murah dan berkualitas. Ada sih tapi ya harus nanya sana sini. Misalkan menggunakan media online, di sana akan dengan mudah menemukan tempat mana yang cocok dan sekaligus meminta penawaran harga yang masuk sesuai kantong yang ada.