Tenangkan Pikiran & Tubuh Dengan Melakukan 8 Kegiatan Penghilang Stress Yang Ampuh

 

Semua orang pasti pernah mengalami stress, meskipun tingkatan stressnya yang berbeda-beda. Namun, ini mempunyai dampak yang negatif bagi kesehatan dan mental seseorang.

Meskipun sudah di era modern yang dimana mudah untuk diatasi, namun malahan dengan ketergantungan dengan teknologi, setiap orang cenderung akan mengalami stress. Ada banyak sekali macam-macam stress di kehidupan setiap orang, entah itu level dari stress tinggi atau tidaknya, namun kalian harus segera mengatasinya.

Perlu kalian ketahui bahwa stress dapat menimbulkan dampak yang negatif bagi kesehatan seperti, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga depresi. Stres juga dapat menimbulkan gejala gangguan seperti, selalu gelisah, sering murung, mudah lupa, sering merasa cemas, sakit kepala.

Apakah stress bisa dihilangkan ? Kalian tidak perlu khawatir. Berikut ini kegiatan yang dapat menghilangkan stress yang dapat kalian lakukan.

1. Bermain Game

Dengan bermain game, seseorang akan merasa senang dan nyaman. Menghibur diri sendiri dengan bermain game, perlahan-lahan stress kalian akan hilang dengan sendirinya. Karena faktanya saat seseorang merasakan senang atau nyaman, orang tersebut akan berfikir positif hingga melupakan sesaat hal yang negatif.

Berbagai game yang dapat kalian mainkan untuk menghilangkan stress seperti contohnya game petualangan, game teka teki, atau bahkan bermain game multiplayer bersama teman kalian.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk menghilangkan stress. Saat mendengarkan musik pikiran akan menjadi rileks dan nyaman. 

Bagi kalian saat stress melanda disarankan untuk memutarkan lagu yang bergenre mellow agar pikiran kalian perlahan-lahan akan tenang. Fokuslah untuk menikmati musik hingga gejala stress kalian hilang. Setelah itu, kalian dapat melanjutkan pekerjaan sehari-hari.

3. Pergi Liburan

Saat kalian merasa stressnya tak kunjung reda. Pergilah liburan untuk bersenang-senang dengan diri sendiri maupun bersama keluarga. Manfaatkan hari libur kalian untuk berlibur untuk menghilangkan stress.

Carilah tempat-tempat yang dapat menenangkan pikiran kalian. Seperti ke pantai, gunung, taman, dan tempat lainnya. Jangan pergi ke tempat-tempat yang banyak orang atau ramai. Karena tempat-tempat yang ramai itulah yang dapat membuat stress kalian bertambah dan tak kunjung reda.

4. Berendam di Air Hangat

Sebuah studi Swedia yang dipublikasikan dalam International Journal of Management telah menemukan bahwa berendam di air hangat dapat relaksasi tubuh. Dipercaya bahwa air dapat menekan tingkat hormon pemicu stress.

Berdasarkan penelitian yang telah menguji coba bahwa berenang yang dilakukan oleh anak-anak usia 11-13 tahun dapat mengurangi rasa ketegangan. Faktanya banyak orang yang telah membuktikannya juga bahwa berendam di air hangat dapat merasa nyaman dan tenang.

Kalian dapat mencobanya di rumah dengan berendam di bak mandi dan ditemani dengan musik kesukaan kalian yang dapat membuat pikiran lebih tenang kembali.

5. Makan

Faktanya ketika mengalami stress kebanyakan orang akan lebih banyak makan dari biasanya. Bahkan juga banyak orang yang naik berat badannya karena stress.

Tetapi kalian tidak perlu takut akan bertambahnya berat badan. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bervitamin akan sangat bagus untuk mengurangi rasa stress.

Ketika makan kalian juga akan merasa senang dengan kelezatan dari makanan tersebut hingga perlahan-lahan stress kalian reda. 

6. Olahraga

Olahraga sangat baik buat kesehatan badan dan juga dapat menghilangkan stress. Buatlah daftar waktu untuk olahraga minimal 15 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga.

Melakukan olahraga seperti jogging mengelilingi kompleks rumah. Namun jangan paksakan jika sudah tidak kuat untuk melakukannya, karena akan menimbulkan rasa ketegangan dan kelelahan yang berlebihan yang tidak baik bagi kalian. 

7. Bermain Alat Musik

Musik dapat membuat kalian senang dan menghilangkan stress. Bahkan jika kalian dapat bermain alat musik secara langsung dapat membuat kalian lebih dalam menikmati alunan musiknya.

Bermain alat musik sama seperti olahraga kecil yang dapat menyehatkan tubuh dan menenangkan pikiran. Bahkan banyak musisi yang memainkan alat musik secara mendalam bisa mengeluarkan keringat di tubuh.