Tata Cara Menggelar Aqiqah, Serahkan Pada Paket Aqiqah Sekitar Jakarta

Tata-Cara-Menggelar-Aqiqah-Serahkan-Pada-Paket-Aqiqah-Sekitar-Jakarta

Tata-Cara-Menggelar-Aqiqah-Serahkan-Pada-Paket-Aqiqah-Sekitar-Jakarta

Mendapat anugerah buah hati dari Tuhan Yang Maha Kuasa tentu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri untuk para orang tua. Tidak jarang, luapan rasa syukur ini sangat membuncah sehingga Rasulullah SAW pun menyunnahkan para umatnya untuk menggelar aqiqah. Lalu bagi Anda si orang tua baru, bagaimanakah tata cara menggelarnya? Tenang saja, semua hal tersebut bisa dihandle dengan mudah oleh jasa aqiqah Jakarta Selatan yang disewa.

Tata Cara Menggelar Aqiqah

Ketika si kecil lahir, sudah pasti orang tua akan sangat bersyukur dan merayakannya dengan pagelaran aqiqah. Acara yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Allah SWT ini rupanya harus digelar sesuai tata cara yang sudah ditetapkan syariat. Lalu, apa saja tata caranya? Tenang dan tidak perlu panik, jasa paket aqiqah sekitar Jakarta akan memberi Anda bocorannya, antara lain :

1. Waktu Aqiqah

Pertama, pelaksanaan aqiqah sebaiknya dilakukan sesudah 7 hari setelah si bayi lahir. Namun apabila terdapat kendala yang mengharuskan aqiqah diundur, maka pelaksanaannya bisa dilakukan pada hari ke 14 atau hari ke 21 setelah si kecil lahir. Tapi apabila kondisi benar-benar tidak memungkinkan untuk mengadakan aqiqah, maka tidaklah berdosa orang tua muslim yang meninggalkannya. Jadi, Anda jangan cemas ya.

2. Syarat Pelaksanaan

Untuk bisa melaksanakan aqiqah, Anda hanya perlu menyiapkan hewan qurban untuk nantinya disembelih dan dimakan dagingnya, misalnya saja domba. Adapun anjuran untuk pemilihan hewan ini adalah yang minimal usianya sekitar ½ tahun. Di Indonesia sendiri, hewan qurban yang sering dipilih untuk aqiqah adalah kambing.

Selain itu, ketentuan jumlah kambing yang disyaratkan juga berbeda. Untuk anak laki-laki, disarankan menyembelih dua ekor kambing. Berbeda halnya dengan anak perempuan, Anda hanya perlu menyembelih satu ekor saja.

3. Pemberian Nama

Setelah kambing diolah dan acara digelar, maka di dalam acara tersebut Anda harus memberikan nama kepada si buah hati. Berikanlah nama yang indah, yang mencerminkan arti dari akhlak mulia, dan juga nama yang sekiranya mendapat ridho dari Allah SWT.

4. Cukur Rambut

Terakhir, acara pemberian nama ini akan dilakukan bersamaan dengan acara potong rambut. Sebenarnya, tata cara ini tidak dijelaskan rinci dalam hadist sehingga terjadi perdebatan apakah rambut anak harus dicukur habis atau hanya dipotong sebagian kecil saja.

Demikian ulasan mengenai tata cara melaksanakan aqiqah. Agar lebih sukses acaranya, sewa saja jasa paket aqiqah sekitar Jakarta. Semoga bermanfaat.