Obat Herbal Untuk kolesterol Tinggi Yang Wajib Anda Ketahui

Bawang putih sebagai obat herbal

Sebenarnya terdapat beberapa obat herbal untuk kolesterol tinggi yang terbuat dari bahan alami, sehingga obat ini dapat Anda konsumsi  apabila tidak ingin mengkonsumsi obat kimia. Hal ini dikarenakan pada obat kimia dapat merusak ginjal jika dikonsumsi terlalu banyak, sehingga harus berhati-hati ketika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Kolesterolt inggi merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat saat ini, penyakit ini sangat berbahaya mengingat dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi obat alami ini, dimana mudah ditemukan serta harganya sangat murah. Apalagi obat alami kecil resikonya jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.

1. Bawang putih sebagai obat herbal untuk kolesterol tinggi

Bawang putih sebagai obat herbal

Salah satu obat herbal untuk kolesteroltinggi yang sangat mudah ditemukan serta sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bawang putih, tentunya bumbu dapur ini wajib dimiliki pada setiap rumah. Kandungan di dalam bawang putih terbukti ampuh dalam mengusir kolesterol jahat,  sehingga bagi Anda penderita penyakit ini wajib mengkonsumsinya. Namun masih banyak orang yang menghindarinya, mengingat bau bawang putih sangat menyengat. Padahal bawang putih memiliki kandungan yang sangat baik untuk para penderita penyakit darah tinggi, salah satunya dapat mencegah pembekuan darah yang beresiko tinggi terjadi pada penderita darah tinggi. Namun jangan pula Anda mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan, apalagi jika Anda mengkonsumsinya bersamaan dengan obat anti penggumpalan darah.

2. Kunyit yang merupakan obat herbal untuk kolesterol tinggi

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur juga, dimana warna kuningnya sering digunakan sebagai pewarna alami pada makanan. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa kunyit merupakan salah satu dari obat untuk kolesterol tinggi, sebab banyak orang yang mengenal bahwa kunyit merupakan salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan nafsu makan. Padahal di dalam kunyit terdapat senyawa curcumin yang ampuh dalam melawan kolesterol jahat, untuk menemukan kunyit juga tidak susah. Sebab saat ini sudah tersedia dalam bentuk bubuk maupun ditanam di halaman rumah. Ditambah lagi terdapat beberapa minuman kesehatan yang menggunakan kunyit sebagai bahan utamanya, hal ini bisa Anda temukan pada beberapa minuman jamu.

3. Jahe

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan rempah yang satu ini, dimana sering diolah menjadi minuman yang dapat menghangat badan terutama saat cuaca dingin. Jahe sendiri telah dimanfaatkan sejak zaman dahulu, hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang dimiliki oleh rempah ini. Salah satu manfaat dari jahe adalah mampu menurunkan kadar kolestrol, hal ini terbukti dari hasil percobaan yang dilakukan oleh 48 tikus. Dimana tikus tersebut mengalami penurunan kadar lemak setelah disuntikkan ekstrak jahe, lemak sendiri merupakan salah satu pemicu timbulnya kolesterol jahat. Tentunya mengolah jahe tidaklah sulit, sebab banyak minuman yang diolah dari rempah ini.

4. Jeruk nipis

Walaupun rasanya yang asam, namun jeruk nipis sangat ampuh dalam mengusir kolestrol. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan favonoid yang menjadi antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan salah satu senyawa yang sangat dibutuhkan tubuh karena dapat memperkuat sistem imun dan menghalangi radikal bebas. Untuk mengkonsumsinya juga sangat mudah, sebab Anda hanya perlu mengkonsumsi perasan air jeruk nipis pada saat pagi dan malam hari. Tidak heran jika jeruk nipis termasuk dalam salah satu  obat herbal untuk kolesterol tinggi.

Baca juga: Produk Kesehatan Herbal Nasa