Inilah 4 Hal Yang Dapat Menyebabkan Rambut Menjadi Rontok!

Memiliki rambut yang akarnya kuat serta tidak mudah rontok tentunya akan memberikan kenyamana kepada pemiliknya. Selain itu, memiliki rambut yang mengalami kerontokan secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya kebotakan pada kepala.

Lalu, hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok? Berikut 4 hal penyebab rambut rontok yang perlu kamu ketahui.

Terlalu sering mandi menggunakan air hangat     

Hal pertama yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok yaitu apabila seseorang terlalu sering mandi menggunakan air hangat. Sebenarnya, mandi menggunakan air hangat akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh, tetapi efek yang tersebut akan berbeda ketika kamu membasahi rambut dengan menggunakan air hangat.

Membasahi rambut dengan menggunakan air hangat dapat membuat batang rambut menjadi mengering, kondisi inilah yang akan membuat rambut mudah mengalami kerapuhan sehingga lebih mudah rontok.

 

Menyisir rambut ketika dalam kondisi basah

Menyisir rambut ketika rambut sedang berada dalam kondisi basah memang menjadi salah satu aktivitas yang biasa dilakukan setelah keramas atau mandi. Tetapi, taukah kamu bahwa kebiasaan tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok loh. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari keinginan untuk menyisir rambut ketika rambut sedang berada dalam kondisi basah.

 

Kesalahan dalam memilih sampo yang digunakan

Kesalahan dalam memilih sampo yang akan kamu gunakan ternyata juga akan berpengaruh pada kondisi rambut kamu kedepannya loh. Bagi kamu yang memiliki tipe rambut yang mudah rontok, maka sebaiknya gunakan sampo yang memiliki nutrisi untuk membantu merawat kesehatan rambut dan juga menguatkan akar rambut sehingga rambut pun tidak mudah rontok.

 

Mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut dengan kencang merupakan hal yang perlu kamu hindari mulai saat ini, pasalnya mengikat rambut terlalu kencang dapat membuat rambut menjadi mudah rontok.

Perlu diketahui bahwa ikatan rambut yang terlalu kencang dapat membuat folikel rambut menjadi tegang. Pada beberapa kasus, folikel rambut yang tegang dapat menyebabkan alopecia atau kebotakan permanen.

 

Itulah tadi 4 hal yang dapat membuat rambut menjadi lebih mudah rontok. Rambut merupakan aset yang juga cukup penting dan perlu kita perhatikan, oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan rambut. Semoga bermanfaat! Sumber: clubwanita.