8 Jenis Kertas Undangan Paling Sering Digunakan

paper

Jenis kertas undangan yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan sangat variatif. Beragam jenisnya dapat dibedakan berdasarkan ketebalan, tekstur permukaan, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulas 8 jenis kertas undangan yang paling sering digunakan. Sehingga bisa menjadi referensi kamu sebelum memilihnya.

image source : pexels.com

Pengertian Undangan

Undangan atau dalam hal ini kartu undangan dapat diartikan sebagai dokumen yang berisi sebuah permintaan resmi untuk kehadiran seseorang, sekelompok orang, ataupun sebuah organisasi di suatu acara.

Ada beragam jenis undangan, seperti acara pertemuan atau meeting, syukuran aqiqah, pernikahan, dan lain sebagainya. Pada umumnya sebuah surat undangan menggunakan kertas khusus supaya mendapatkan kualitas undangan yang baik, apalagi undangan pernikahan.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui beragam jenis kertas undangan sehingga kamu bisa menentukan jenis kertas terbaik yang akan kamu cetak sebagai kartu undangan.

Jenis Kertas Undangan

paper

Ada beragam jenis kertas undangan dengan berbagai karakteristik kertas yang ada. Hal yang membedakan dari beragam jenis kertas ini bisa dari ketebalannya, tekstur permukaannya, dan lain sebagainya. Selengkapnya seperti berikut ini:

Art Paper

Banyak orang yang menggunakan kertas art atau art paper ini untuk membuat undangan pernikahan. Biasanya art paper digunakan sebagai pelapis luar atau dalam hard cover undangan.

Tetapi ada pula yang sengaja menggunakannya untuk bagian isi, kertas jenis art paper biasa digunakan untuk percetakan offset dan digital.

Ciri-ciri dari art paper ini adalah permukaannya yang mengkilap, jika kamu menggunakannya sebagai bahan dasar kartu undangan, kamu bisa melapisinya dengan laminasi doff, glossy atau UV supaya lebih bagus lagi.

Matt Paper

Sebenarnya kurang lebih kertas jenis matt paper sama seperti kertas art paper, hanya saja yang membedakan adalah pada kertas jenis matt paper permukaannya tidak mengkilap.

Kertas ini biasa digunakan untuk majalah karena memberikan nuansa doff dan lebih terkesan indah. Selain untuk pembuatan majalan, kertas matt paper juga kerap digunakan untuk kartu undangan.

Perbedaan lain antara matt paper dan art paper adalah pada matt paper kertas lebih cepat menyerap tinta, tidak seperti kertas art paper yang cenderung lebih lama.

Art Carton

Dalam dunia percetakan khususnya cetak kartu undangan pernikahan, kertas jenis art carton ini paling sering digunakan.

Selain karena harganya yang lebih terjangkau, juga karena jenis kertas art carton ini mudah dikombinasikan dengan bahan lainnya sehingga menghasilkan kartu undangan yang lebih unik.

Supaya hasilnya lebih maksimal, kamu bisa melapisi kertas art carton dengan laminasi doff, glossy dan sejenisnya sehingga kesannya lebih eksklusif.

Kertas Ivory

Selain beberapa kertas di atas, ada juga jenis kertas ivory yang sering digunakan sebagai kertas undangan. Jenis kertas ini cukup unik karena memiliki ciri-ciri dari penggabungan kertas art carton dan matt paper.

Dimana jenis kertas ivory ini memiliki dua sisi, yakni satu sisi mempunyai dasar mengkilap, dan sisi lain memiliki dasar doff.

Jika kamu ingin membuat kartu undangan yang unik dengan tambahan desain saat dicetak kamu bisa menggunakan kertas ivory. Sekadar informasi, kertas ivory ini ada pilihan gramasi 210gr, 250gr, 300gr, 350gr, dan 400gr.

Brief Card (BC)

Jenis kertas Brief Card ini dikenal juga dengan istilah kertas manila. Ada beragam warna yang tersedia seperti merah, biru, kuning, hijau, dan putih.

Dulunya kertas jenis Brief Card ini sering dipakai untuk berbagai kebutuhan kantor dan sekolah, seperti untuk kartu stok industri, kartu absensi, kartu bayar rumah sakit, kartu sekolah dan lain-lain.

Baca juga : Ini dia ukuran kertas A4 dalam pixel yang benar

Namun, seiring perkembangan zaman saat ini jenis kertas Brief Card diminati sebagai pembuatan kartu undangan. Kartu undangan dengan jenis kertas ini akan lebih menarik lagi jika ditambah desain yang bagus.

Blues White (BW)

Tak beda jauh dengan jenis kertas Brief Card, jenis kertas Blues White ini memiliki tekstur yang sama dengan Brief Card, termasuk ketebalannya pun juga sama, yakni antara 220gr sampai 250gr.

Banyak pula kertas Blues White import yang digunakan sebagai bahan kartu undangan. Karena hasil cetak dengan corak tinta yang lebih solid dan tajam membuat hasilnya lebih indah.

Samson Kraft

Bagi kamu yang ingin membuat kartu undangan dengan kertas yang unik, bisa menggunakan jenis kertas samson kraft.

Kertas jenis samson kraft ini sebenarnya adalah hasil daur ulang, warnanya coklat kumal dengan tekstur agresif, dan terasa seperti ada pasir saat diraba.

Tetapi, jika kamu bisa mencetaknya dengan desain yang bagus, maka akan menghasilkan kartu undangan yang menarik dan unik.

Warna coklat dari kertas ini memberikan nuansa klasik, sehingga sebuah pilihan yang baik bagi kamu yang ingin mencetak undangan.

Jasmine

Jenis kertas undangan lainnya adalah kertas Jasmine. Jenis kertas Jasmine ini memiliki tekstur agresif karena ada gliter silver dan gold pada kedua sisinya.

Oleh karena itu banyak orang yang memilih jenis kertas ini sebagai kartu undangan. Sebab kartu undangan akan terkesan indah dan mempesona dengan bahan jenis kertas ini.

Jenis kertas undangan ada banyak sekali, diantaranya seperti yang telah dipaparkan di atas. Dari kedelapan jenis kertas tersebut, semuanya dapat kamu pilih menjadi bahan kartu undangan sesuai dengan kebutuhan. Baiknya perhatikan tekstur kertas undangan saat memilihnya, sehingga dapat disesuaikan dengan desain yang kamu buat.

Demikian penjelasan mengenai jenis kertas undangan yang paling banyak digunakan. Dengan mengetahui beragam jenis kertas undangan kamu bisa memilih jenis kertas mana yang paling sesuai dengan kebutuhan undangan kamu.

 

Temukan artikel menarik lainnya dengan mengunjungi pediansa, blog yang membahas berbagai macam dunia teknologi, komputer dan internet.