7 Cara Membersihkan RAM Laptop Dengan Langkah Mudah

Laptop kamu terasa lambat kerjanya ketika digunakan??? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena permasalahan RAM yang ada itu penuh. Hemmm… Banyak yang tak tahu dan tak menyadarinya. Bagaimana ini bisa terjadi??? Semakin sering mengoperasikan laptop yang ada maka akan semakin cepat juga kapasitas memory RAM jadi penuh.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar memory ram sendiri bisa ada space yang kosong. Kalau ini di lakukan akan memberi efek pada kinerja laptop yang semakin baik lagi. Bagaimana caranya??? Mengulik dari situs ini, sekarang simak pembahasannya.

1. Restart laptop

Hal yang mudah sekali dilakukan adalah dengan merestart laptop. Dengan cara ini maka memori yang sudah terpakai akan di tata kembali. Cara ini tak akan bisa menaikkan kualitasnya sendiri namun bisa membantu dalam membersihkan aplikasi yang berjalan memakai memori RAM tersebut.

2. Task Manager

Pemakaian memory tentu saja di barengi dengan berjalannya sebuah aplikasi. Meskipun sudah di close terkadang masih memakan memory RAM. Untuk itu bisa mengeceknya melalui task manager. Aplikasi ini membantu mengetahui apa saja program yang berjalan dan berapa besar memory yang dipakai. Untuk masuk ke sana tinggal tekan Ctrl + Shift + Esc berbarengan. Tak perlu waktu lama akan ada layar baru terbuka. Klik bagian Process dan lihat di bagian kolom Memory. Di sana tercatat aplikasi apa saja yang menghabiskan memory RAM. Bila di rasa memang memberatkan maka aplikasi tersebut bisa di close saja.

3. Uninstal program

Cara ini bisa dilakukan yakni dengan menghapus program yang di rasa sudah tak perlu lagi. Dengan cara ini maka program otomatis tak ada lagi di sana. Caranya sangat mudah sekali : Masuk ke Control Panel kemudian pilih bagian program and features. pilih aplikasi yang mau di hapus dan klik bagian uninstall.

4. Matikan aplikasi

Terkadang ada aplikasi yang berjalan tanpa dijalankan. Ini biasanya terjadi saat kita menginstall sebuah program baru dan ternyata saat di restart lalu nyala lagi program itu sudah nyala. Agar tak menghabiskan memory ram, maka hal ini harus dihilangkan. 

5. Pakai aplikasi RAM Cleaner

Untuk menghapus memori ram yang telah di pakai, dapat memakai aplikasi seperti RAM Cleaner. Cara kerjanya adalah dengan mematikan aplikasi yang sudah jarang terpakai. Dan bila ingin memakai lagi bisa di buka kembali sewaktu – waktu. 

6. Scan antivirus

Perlu diketahui bahwa virus ini sangat bisa membuat kinerja sistem jadi berlebihan. Meskipun aplikasi tak ada yang berjalan sekalipun. Virus akan membuat seolah -olah sistem bekerja tanpa henti. Sehingga bila kita menjalankan aplikasi yang ringan bebannya pun akan meningkat. 

Untuk itu gunakan antivirus untuk menscannya. Namun sebelum melakukannya pastinya sudah mengupdate versi yang terbaru. Bila virus tertangkap segera saja untuk menghapus langsung di antivirusnya dan bila tidak bisa lakukan karantina saja untuk menghambat penyebarannya.

7. Memakai penghapus

Pernah mendengar bunyi beep beep berlangsung lama. Nah bisa jadi itu karena RAM yang kotor. Kotor bisa di karena debu yang ada. Maka itu segera bersihkan. Untuk membersihkan sangat mudah sekali. Ambil penghapus dan gosokkan pada pin RAM yang berwarna keemasan sampai bersih. Lakukan secara perlahan dan hati – hari agar tidak merusaknya. Bila dirasa sudah bersih, segera saja dipasang kembali. 

Bingung ya melakukannya?? Kalau memang bingung dan tidak sempat mengoprek di atas, maka ada baiknya anda untuk memanggil jasa service laptop jakarta yang bisa membantu mengerjakan hal – hal di atas tersebut.