5 Tips Aman dan Sehat Menggunakan Toilet Umum!

5 Tips Aman dan Sehat Menggunakan Toilet Umum!

Ketika berada di pusat perbelanjaan, kantor ataupun tempat publik lainnya, toilet umum merupakan salah satu aktivitas yang selalu dicari.

Sebagai salah satu fasilitas yang digunakan dalam kondisi apapun dan oleh siapapun, maka tentunya dibutuhkan tips dan juga strategi untuk menggunakan toilet umum supaya terhindar dari berbagai macam jenis penyakit dan bakteri yang mengintai.

Nah, berikut ini 5 tips yang dapat kamu terapkan ketika akan menggunakan toilet umum.

 

Periksa Dudukan Toilet

Memeriksa dudukan toilet menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya, periksa kelembapan dan juga perubahan warna yang mungkin saja terdapat di area dudukan tersebut.

5 Tips Aman dan Sehat Menggunakan Toilet Umum!

Hal ini karena terkadang masih terdapat bekas cairan urine atau warna lainnya, seperti darah haid atau feses, yang mungkin mengandung bakteri jahat dan kuman. Apabila ada, siramlah terlebih dahulu.

Kemudian, kamu dapat menggosok area tersebut menggunakan tisu toilet kering lainnya untuk menutupi dudukan toilet supaya kulit tidak bersentuhan secara langsung.

 

Cari Toilet Umum yang Layak

Apabila kamu sudah mulai merasakan sensasi ingin pergi ke toilet ketika sedang bepergian, maka cobalah untuk mencari toilet yang setidaknya bersih di menurut kamu. Hindari menunggu hingga benar-benar kebelet untuk mencari toilet umum yang layak menurut kamu.

 

Cuci Tangan

Penting untuk diingat bahwa kebiasaan mencuci tangan setelah dari toilet adalah hal yang penting untuk dilakukan supaya terhindar dari bakteri ataupun virus yang bisa saja menempel di tangan.

Cuci tangan di air yang mengalir dan menggunakan sabun selama minimal 20 detik. Jika memungkinkan, usahakan untuk selalu membawa hand sanitizer untuk berjaga-jaga apabila sabun di toilet umum habis.

 

Bilas Kloset

Sebelum kamu meninggalkan bilik toilet, pastikan terlebih dahulu apakah kamu sudah menyiram feses atau urine kamu. Apabila toilet umum yang kamu gunakan belum menggunakan kloset otomatis, maka kamu dapat menyentuh tombol flush dengan tisu toilet.

Tetapi, apabila kondisi WC umum yang kamu gunakan belum menyediakan tisu toilet dan kondisinya cukup jorok, maka kamu dapat menggunakan kaki untuk menginjak tuas flush.

 

Memastikan Kondisi Tangan Tetap Bersih

Kamu dapat menggunakan kain bersih atau tisu untuk membuka kenop pintu toilet umum supaya tangan kamu tetap terjaga dari bakteri. Dan jangan lupa untuk mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer apabila kamu khawatir sudah memegang sesuatu tanpa disadari.

Itulah tadi 5 tips yang dapat kamu lakukan ketika akan menggunakan toilet umum. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dimanapun dan kapanpun.  Kunjungi website resmi produk kesehatan untuk dapatkan tips kesehatan lainnya synergyofficial. Semoga bermanfaat.