My Jurney to Change Habbit in 30 Day
Perjalanan Saya Mengubah Kebiasaan dalam 30 Hari

Bahasa IndonesiaHari ini saya memulai apa yang saya namakan #30DayRevolution. Ini adalah tantangan bagi diri sendiri untuk mengubah kebiasaan dalam 30 hari.

Alih-alih berfokus pada tujuan, saya akan berfokus pada prosesnya. Ini adalah penerapan dari buku Atomic Habbit karya James Clear.

Instead focusing on porpouse, I will focusing to process. This is aplaying from book titled Atomic Habbit by James Clear.

Selama 30 hari kedepan, saya akan berusaha menghilangkan kebiasaan buruk dan menanamkan kebiasaan baru yang positif.

Kebiasaan yang ingin saya hilangkan diantaranya:

  • Kecanduan ponsel
  • Over thingking
  • Menunda

Kebiasaan yang hendak saya bangun diantaranya:

  • Menulis blog
  • Sikat gigi
  • Olahraga
  • Mandi pagi
  • Bekerja menggunakan Ivy Method dan Pomodoro

Dalam penerapannya, saya menggunakan metode kebiasaan berlapis seperti ini:

img

Jadi saat saya bangun, saya langsung mandi, sikat gigi, nyuci beras dan seterusnya. Saya menulisnya agar bisa mengikuti urutan-urutannya. Saya lakukan ini sampai ini semua menjadi otomatis.

Bagian Ivy + Pomodoro maksudnya adalah setelah saya olahraga sampai jam 20.00 WIB saya melakukan Ivy Method kemudian membaca 2 jam sebelum tidur.

Dalam 30 hari kedepan, tulisan ini akan diupdate setiap hari untuk melaporkan perkembangannya atau masalah dan tantangan yang dihadapi.

25 September 2020:

Ini adalah hari pertama saya melakukan semua urutan kebiasaan berlapis. Dari artikel ini sampai jam 3 sore, saya melakukan semua pekerjaan dengan sangat baik dan terasa menyenangkan. Bahkan saya tidak menggunakan pomodoro timer karena terlalu asyik mengerjakan hal-hal dalam to-do list saya. Namun saat jam 3 sore, saya mendapatkan berita buruk. Saya merasa bingung, gundah, galau, mencari informasi di internet dan saya gagal untuk menahan diri untuk tidak berinternet ria. Akhirnya saya berinternet sampai pukul 21.30 WIB.

Saat bingung, saya tidur sambil memikirkan solusi terbaik. Oke, polanya sudah ketemu. Saat emosi buruk datang, saya akan memillih arti atas kejadian tersebut. Kemudian mulai sekarang saya akan mencatat untuk menemukan jawaban.

26, 27 September 2020:

Maaf saya tidak mengupdatenya karena ditimpa kemalasan. Tanggal 26 Saya melakukan habbit diatas dan 27 tidak.

28 September 2020:

Saya mulai menambahkan kebiasaan baru yaitu belajar bahasa Inggris dan update forum buatan saya sendiri dan mensharenya ke sosial media.

Saya memutuskan untuk mengupdate tulisan ini langsung di blog ketimbang di Libre Office (semacam aplikasi MS Word untuk linux).

29 September 2020:

Sesuatu yang tidak bisa diukur, tidak bisa dicapai. Click To Tweet

Saya menyadari kebiasaan seperti: kecanduan ponsel, over thingking dan menunda tidak ada ukuran yang pasti sehingga saya tidak tahu sudah sampai mana perkembangannya. Jadi saya putuskan untuk menghilangkan kecanduan ponsel sebagai kebiasaan yang saya hilangkan. Jadi nantinya akan dilaporkan jumlah lamanya penggunaan ponsel.

Dengan menghilangkan kebiasaan kecanduan ponsel saya juga telah menghilangkan kebiasaan menunda-nunda karena menunda yang saya lakukan karena gangguan ponsel.

Saya mengganti kebiasaan menulis blog dengan menulis laporan karena yang selama ini adalah menulis laporan perkembangan kebiasaan-kebiasaan saya. Untuk blog sendiri postingan akan diupload setiap hari minggu.

Untuk memudahkan, saya membuat tabel perkembangan kebiasaan-kebiasaan saya:

Untuk kebiasaan yang hendak saya bangun, saya akan menggunakan tabel seperti ini:

✔ | ❌

Date Penggunaan ponsel Mandi sikat gigi pagi Masak Olahraga Buat laporan Belajar Inggris
30/9/10 – jam

EnglishToday I starting what I named as #30DayRevolution. This is challenge for my self to change habbit in 30 day.

In 30 day ==, I will == handle my addiction and feeding new positive habbit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *